Saturday 28 July 2012

mencegah bau luar masuk dalam kabin suzuki ertiga

ternyata bukan hanya suzuki swift dan splash saja yang mengalami bau luar masuk ke dalam kabin,
bau luar masuk kabin masih di rasakan di kendaraan MPV besutan suzuki yang terbaru yaitu ertiga.
mungkin tujuan awalnya dibuat lubang sirkulasi udara, biar penumpangnya gak kehabisan oksigen kali ya, atau kalau ada yang kentut biar cepet ilang baunya gitu, terus gue suruh salto 99X di depan ertiga sambil bilang WoOoOoW gitu...? namun pada ertiga ada 3 lubang sirkulasi di belakang yang tidak di kontrol buka tutupnya secara elektronik seperti yang di bagian depan.
udah gitu pintu bagian bagasi belakang juga tidak di beri pengaman dari plastik, entah apa tujuannya, mungkin  harga plastik terlalu mahal di indonesia (ngeri kaliii.....) nanggung banget sih sebenernya kalo buat mobil ck...ck....ckk... gak sekalian di bagusin aja.
tapi saya harap para pembaca tidak berkecil hati,ternyata para dedengkotnya teknisi automotif yang masih aktif berkarya hingga saat ini masih di beri petunjuk aleh Allah SWT sehingga dapat ide untuk mengatasi masalah tersebut. keren kan....!!!!!


berdasarkan investigasi tim Autowild di lapangan, dengan beberapa teknisi di main dealer suzuki area jawa timur PT. United Moters Centre / UMC surabaya , yang melihat secara langsung proses pengerjaannya.dengan cara menutup lubang sirkulasi udara di bagian belakang dan menutup pintu bagasi bagian dalam dengan plastik, niscaya bau luar tidak masuk lagi ke dalam kabin.

berikut proses pengerjaannya step by step..
sebelum melakukan proses pengerjaan pastikan tombol sirkulasi pada AC menyala.
pertama-tama siapkan plastik yang lebarnya kurang lebih dua meter persegi yang bekualitas bagus dan tebal.
gunting, cutter, dan lem silicon.
kemudian buka dortrim pintu bagasi bagian belakang lalu beri lem silicon secukupnya dengan posisi memutari bentuk pintu, kemudian tempelkan plastik yang sudah anda siapkan tadi lalu potong bagian-bagian yang berada di sisi luar.
kemudian untuk menutup lubang sirkulasi bagian bawah, copot bumper belakang terlebih dahulu, dengan cara seperti di gambar berikut ini
setelah copot maka akan kelihatan 3 buah lubang ventilasi, 2buah di sisi kiri dan 1 di kanan.
bila sudah terlihat lalu copot ventilasi tersebut, kemudian beri plastik dengan cara di jepitkan pada sisi tengahnya, kemudian rapikan plastik dengan cara di potong mengitari sisi-sisi ventilasi tersebut.

lakukan hal yang sama pada ke tiga-tiganya. setelah selesai lalu pasang lagi dan rapikan.
selamat mencoba.

write by. wildan 11 and team




11 comments:

  1. mas anonim, kita ini orang yg bergerak di bidang teknik sudah puluhan tahun, dlm bertindak pun kita sudah pikirkan matang2. kl tujuan kita unt menjerumuskan, blog ini pasti sudah di ttp dan tim kita pasti udh di tuntut di jalur hukum. kan saya udh bilang kl di bagian dpn masih ada lubang sirkulasi yg di kontrol buka tutupnya secara elektronik, kalaupun kurang puas kan bisa buka cendela sesaat. lagian cara ini sudah sering di lakukan di splash. kl anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan coment yg baik jangan spam.

    ReplyDelete
  2. Namanya aja wild version, gini mas wild coba dirasain dulu apa bener masuk tuh bau dari luar gue udah 2 bulan pake dan sering dalam kondisi dibelakang truk yg asep hitamnya ngebul kemana-mana gak ada tuh sama sekali bau asep masuk dari.. Mau negatif sih boleh tau yg betulan bos. Saran saya untuk yg baca nih topik coba dulu aja tuh ertiga rasain sendiri jgn hanya berdasarkan bacaan yg gini2.. Just try it

    ReplyDelete
  3. betul juga mas bangor, tingkat kepekaan indera penciuman seseorang pasti berbeda2, lihat aja tuh foto di atas, itu ertiga di perotolin bumper blkngnya,bukti nyata bahwa sebagian memang ada namun juga tidak semua, balik lagi ke pribadi masing2 krn artikel ini hanya alternatif aja.

    ReplyDelete
  4. PERHATIAN......! sebelum berkomentar, baca dulu baik2 artikel di atas.
    tidak semua Suzuki ertiga mutlak mengalami hal serupa di atas, tetapi juga tidak di pungkiri bahwa sebagian owners ada yg mengalami.
    budayakan berkomentar yg baik dan sopan, komentar spam akan langsung di hapus.

    ReplyDelete
  5. bisa minta tutorial detai bongkar bumper belakangnya om?? ada perlu neh. mau bongkar bumpernya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada tutorial khusus cara membuka bumper gan, yang penting intinya lampu box assy belakang hrs di copotin dulu kanan kiri. trs tinggal buka scrub samping, baut 10 mm bag bawah dan atas ama klipan di bagian dalam.

      Delete
  6. Sama kok, saya jg ngalamin di depan ada bus dengan asap hitam tiba2 keluar, eh kerasa jg sampai ke dalam

    ReplyDelete
  7. ane numpang ertiga langsung berasa asap solar dari luar

    ReplyDelete
  8. Sama mobil ane juga gitu bos. Pertama kali punya kaget. Ini mobil kenapa ya. Khawatir kenapa2. Beberapa kali kaya gitu. Ngehnya waktu posisi belakang bus. Wih ini bau asep bus. Baru nyadar ternyata itu bau masuk dalem mobil. Bukan mobilnya yg kenapa2. Boleh dicoba ini tutornya

    ReplyDelete
  9. Maaf ikut Coment, Mobil saya ertiga 2017 baru 1X service karena jarang pakai, saya juga kaget baru2 ini waktu jalan di belakang truk atau di tol kok bau asep mobil solar masuk dalam kabin sampe agak pusing, saya rasakan juga ada orang pemotor yalip sambil merokok masuk jg to bau asepnya, mohon sarannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan anak w juga bilang bau asep ayah.. tutup kacanya, padahal kaca w dah tutup trus masuk dari mana
      Minta solusinya

      Delete

budayakan berkomentar yang baik, jangan spam....!!!!!
komentar spam akan langsung di hapus.