Wednesday 1 August 2012

Cara kerja Katup PCV atau Positive Crankcase Ventilation

Seperti yang telah admin janjikan kemarin, pada posting kali ini admin akan membahas seputar tentang katup PCV atau kepanjangan dari Positive Crankcase Ventilation. Mungkin sebagian dari pembaca ada yang sudah mengetahui mungkin juga belum, mohon yang sudah mengerti  tidak berkecil hati, dan untuk yang belum mengetahui tolong di simak baik-baik, oke langsung saja menuju TKP.
 70% sampai 80% blow-by gas yang terdapat di dalam crankcase adalah gas yang tidak terbakar (HC), sedangkan sisanya 20% sampai 30% terdiri atas hasil tambahan dari pembakaran(uap air dan berbagai jenis asam). Semuanya dapat merusak oli mesin,
menghasilkan Lumpur atau menyebabkab karat di dalam crankcase. Untuk mencegahnya maka blow-by gas dikeluarkan ke intake manifold untuk kemudian disalurkan kembali ke ruang baker untuk dibakar kembali.

Banyaknya blow-by gas lebih tergantung dari vacuum intake manifold dan atau beban mesin daripada kecepatan mesin. Oleh karena itu apabila dari cylinder head cover ke intake manifold hanya dihubungkan dengan pipa, hasilnya tidak efektif. Karena beban ringan kevacuuman pada intake manifold kuat sedangkan produksi blow-by gas sedikit, sedangkan pada beban berat kevacuuman di intake manifold rendah sedangkan blow-by gas yang dihasilkan banyak.
Oleh karena itu katup PCV dipasangkan diantara cylinder head cover dengan intae manifold, untuk mengatur jumlah blow-by gas yang masuk ke intake manifold untuk dibakar kembali sesuai dengan vacuum intake manifold.

Cara kerja katup PCV:
 Mesin Berhenti atau Back Firing (Pembakaran Balik)
  • ·         Katup menutup karena beratnya sendiri dan berat pegas.






Idling atau Perlambatan
  • ·         Pada saat idling kevacuuman di intake manifold besar sehingga katup PCV terangkat (terbuka). Blow-by gas yang mengalir ke intake sedikit Karena saluran di katup PCV sempit. 



Normal
  • ·         Kevacuuman di intake manifold normal, katup sedikit turun dari posisi idling, saluran terbuka semakin lebar.




Percepatan atau Beban Berat
  • ·         Kevacuuman di intake manifold kecil, katup PCV semakin turun, saluran terbuka penuh, semakin banyak blow-by gas yang mengalir ke intake manifold.




Grafik PVC
Pada grafik di samping terlihat bahwa jumlah blow-by gas yang dialirkan oleh katup PCV pada beban berat sangat kecil, walaupun jumlah gas yang dihasilkan cukup besar. Oleh karena itu apabila jumlah blow-by gas diluar kemampuan katup PCV untuk mengalirkan ke intake manifold, maka blow-by gas juga disalurkan dari saringan udara  melalui pipa penyambung saringan udara ke cylinder head cover.


2 comments:

  1. Ηi everybody, heге evеrу person is ѕhаring such knоwledge, so
    it's pleasant to read this website, and I used to visit this web site all the time.
    Look at my weblog : child porn

    ReplyDelete
  2. Informasi yg bagus saya suka

    ReplyDelete

budayakan berkomentar yang baik, jangan spam....!!!!!
komentar spam akan langsung di hapus.