Thursday 15 November 2012

Manajemen Energi


Pernahkah anda berfikir apa yang akan terjadi bila energi minyak bumi dan gas telah habis...?
Tentunya akan terjadi krisis ekonomi global akut, bayangkan pabrik-pabrik yang bahan bakunya minyak bumi dan gas akan berhenti berproduksi, kendaraan bermotor dan alat transportasi yang berbahan bakar minyak tidak dapat di jalankan, tentu saja aktifitas perekonomian manusia akan menjadi lumpuh.
kehidupan manusia modern saat ini sangat bergantung dengan energi minyak bumi dan gas.
minyak bumi dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat di perbaharui karena terbentuk secara alami ratusan bahkan ribuan tahun silam.
indonesia adalah negara yang kaya akan energi minyak bumi dan gas, namun ironisnya indonesia malah kekurangan energi.
minyak tanah, solar dan premium menjadi barang langka di negeri yang kaya ini.
di indonesia energi minyak bumi dan gas di kelola oleh PT. Pertamina, sebagai sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang selalu berupaya untuk memberikan kontribusi bagi kesejahteraan bangsa dan negara dalam memanfaatkan setiap potensi yang di miliki indonesia.
wujud nyata kita sebagai warga negara yang cinta akan tanah air sudah seharusnya memiliki jiwa yang besar dan kesadaran untuk mengelola energi minyak bumi dan gas serta menjaga lingkungan dengan sebaik-baiknya dengan cara:
1) menggunakan kendaraan bermotor seperlunya, terutama kendaraan roda 4 atau lebih dengan cc yang  besar, maka besar pula kebutuhan bahan bakarnya. 
2) menghindari jalan macet karena hanya akan membuang-buang energi dan bahan bakar serta menimbulkan polusi udara yang dapat merusak lingkungan dan kesehatan.
3) memanfaatkan energi yang ada pada tubuh kita sendiri dengan cara berjalan kaki atau bersepeda, selain menyehatkan juga lebih ramah lingkungan.
4) menggunakan bahan bakar yang berkualitas UNLEADED atau Tanpa Timbal, karena bahan bakar jenis seperti ini akan terbakar dengan sempurna serta mengurangi pencemaran udara.
5) budayakan membuang sampah pada tempatnya untuk mengurangi pencemaran lingkungan.
6) mendukung dan mengaplikasikan program Go Green atau menuju penghijauan.

Selain ke 6 cara di atas, penggunaan energi alternatif, yaitu energi yang bukan berasal dari minyak bumi juga dapat mengurangi dampak krisis energi di masa yang akan datang.
Contoh energi alternatif pengganti minyak bumi antara lain:
1. BIODIESEL
Biodiesel sudah cukup populer di indonesia dan penggunaannya pun sudah sudah terealisasi dengan baik.
biodiesel terbuat dari bahan dasar minyak kelapa sawit dan minyak pohon jarak melalui tahap transesterifikasi. penggunaan biodiesel bertujuan untuk menggantikan bahan bakar solar dan mempunyai keunggulan yang komparatif di banding dengan energi lain karena pembakarannya yang sempurna dan lebih ramah terhadap lingkungan.
2. BIOETHANOL
Bioethanol tidak sepopuler Biodiesel di karenakan ketersediannya masih sangat terbatas.
tujuan penggunaan bioethanol untuk menggantikan bahan bakar bensin, bioethanol di buat dari fermentasi tanaman, seperti jagung dan gandum. bahan bakar ini mempunyai kadar oktan yang tinggi sehingga dapat terbakar dengan sempurna serta rendah emisi.
3. SOLAR ENERGY
Solar energy atau energi dari matahari telah di pandang sebagai energi yang dapat di gunakan dalam jangka panjang karena tersedia secara bebas dan tidak terbatas.
Contoh penggunaan solar energy antara lain untuk lampu penerangan jalan dan kalkulator.
4. LISTRIK
Listrik adalah energi yang tidak dapat di lihat tetapi bisa di rasakan manfaatnya.
energi listrik dapat di hasilkan karena adanya pembangkit antara lain Air, Uap, Angin dan Nuklir.

Serta masih banyak lagi energi alternatif yang bermanfaat buat kelangsungan hidup manusia.
Setelah kita mengetahui betapa pentingnya energi bagi kelangsungan hidup kita dan anak cucu kita di masa yang akan datang, di perlukan kesadaran dan kemampuan Manajemen Energi yang tersedia.
Karena kita sadar bahwa kita adalah bagian dari masa depan.

22 comments:

  1. bagaimana gak habis kalau target sasaran pemerintah selalu tidak tepat sasaran, yang miskin tidak dapat menikmati energi sedangkan orang- orang kaya dan para pemilik kekuasaan memakai energi sepuasnya dan sesukanya. kalau kayak gini bagaimana bisa hemat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maka dari itu pak Budi, di butuhkan tangan-tangan manajemen, agar bisa mengatur dan mengelola potensi yang ada di negeri ini, supaya anak dan cucu kita esok masih kebagian jatah minyak bumi dan gas

      Delete
  2. SAVE Earth !!!!! go green ....
    http://jajanjogja.com/

    ReplyDelete
  3. saya setuju dg cara menjaga lingkungan seperti diatas

    ayo qt lestarikan bumi qt jgn hnya lingkungannya saja...

    ReplyDelete
  4. sepertinya bioethanol masih jarang digunakan ya.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bioethanol memang masih jarang di gunakan unt kebutuhan dg skala yg besar, karena akan berdampak kurangnya bahan pangan

      Delete
  5. Koreksi mas, untuk saat ini pengelolaan minyak bumi ada di pemerintah, PT. Pertamina adalah perusahaan yang posisinya disetarakan dengan perusahaan perusahaan yang harus menandatangani kontrak kerja sama (KKS) dengan pemerintah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu referensi dari website PT.Pertamina gan, kl mau kunjungin aja website pertamina, di situ menyatakan bahwa pertamina adalah perusahaan milik negara.
      makasih atas koreksi dan kunjungannya. "Salam Blogger"

      Delete
  6. setujuuuu....go green hrus dijlnkan..

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. ya udh lah..kl udh pada setuju berarti udh pd berkomitmen unt menjaga energi demi kelangsungan hidup yg akan datang

      Delete
  8. Generasi muda patut kita lestarikan dan kita jaga untuk keperluan yang akan datang. Namun, peran pemerintah juga harus aktif menggalangkan hemat energi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemerintah memang seharusnya menjadi contoh buat masyarakat, generasi muda sebagai penerus bangsa yg akan berperan sebagai Manajemen Energi harus kita selamatkan,dari tindakan2 negatif yg dapat merusak masadepan bangsa.

      Delete
  9. I‎​​​​ݪªª bro setuju... Semoga pemerintah sudah bisa mulai sadar...

    ReplyDelete
  10. Okrex.....seeeppp, cap cus..mak nyusss..

    ReplyDelete
  11. buat point ke 6. kyk nya harus tanem pohon bnyk2 yaaah,, biar g bnjiir jg ^^

    salam Energi
    http://bit.ly/Energi76

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget unt mendukung program go green harus nanem pohon yg banyak,follow back blog saya ya..!!! saya udh follow http://elhusnudzah.blogspot.com member ke 16. salam blogger

      Delete

budayakan berkomentar yang baik, jangan spam....!!!!!
komentar spam akan langsung di hapus.