Thursday 4 July 2013

penyebab suara gemuruh masuk dalam kabin

pada posting edisi kali ini admin mau berbagi sedikit tentang penyebab suara gemuruh masuk dalam kabin, sehingga akan mengganggu kenyamanan anda dalam berkendara.
mungkin sebagian dari kita ada yang pernah mengalami hal seperti ini dan ada juga yang belum, namun lain halnya bagi pemilik kendaraan dengan sensitifitas pendengaran yang tinggi, maka bunyi sekikit saja yang masuk dalam kabin akan sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara.
yang pertama penyebab suara gemuruh masuk dalam kabin adalah bearing roda yang telah aus atau rusak, rusaknya bearing roda (klaker) di sebabkan karena sering melewati Gravel Road atau jalan jelek dan rusak, dan juga tekanan angin ban yang terlalu keras. umumnya jalanan di indonesia tidak sepenuhnya bagus walaupun aspal dalam kota banyak kita temui lubang yang cukup dalam terutama jalan yang sering di lalui truk besar.


dan penyebab suara gemuruh masuk dalam kabin selanjutnya ialah permukaan ban yang tidak rata.
kadang pernah kita temui keausan ban terjadi hanya di satu sisi saja entah bagian luar atau dalam. umumnya hal seperti ini di sebabkan karena whell aligment yang tidak sesuai atau sudah berubah, juga tekanan angin ban yang tidak sesuai spesifikasi. untuk mengatasi hal ini kendaraan bisa di spooring dan balancing.
berubahnya whell aligment juga di pengaruhi akibat terlalu sering melewati jalan yang rusak. atau baiknya lakukan penyetelan whell aligment setiap 20.000 km

lalu bagaimana cara kita memastikan kerusakan dengan gejala suara gemuruh masuk dalam kabin..?
caranya cukup gampang pertama-tama anda bisa jalankan kendaraan lewat jalan aspal yang bagus dan lurus dengan kecepatan antara 40-60 km/jam lalu ijak kopling dan tahan (untuk kendaraan manual) lalu dengarkan darimana asal suara gemuruh tersebut belakang atau depan kanan atau kiri, setelah anda memastikan asal sumber bunyi, parkir kendaraan di tempat yang rata lalu dongkrak dan putar roda sekencang mungkin, saat roda berputar sentuh bagian shock breaker dan rasakan bila terasa bergetar berarti bearing roda telah aus atau rusak. periksa juga keausan kembang ban.

No comments:

Post a Comment

budayakan berkomentar yang baik, jangan spam....!!!!!
komentar spam akan langsung di hapus.