Tuesday 5 September 2017

Mengoperasikan Multi Indikator Display Baleno Hatchback

Cara mengoperasikan panel indikator display new baleno

seperti janji ane kemarin jhon...kali ini ane mau share bagaimana sih cara mengoperasikan multi indikator display pada new suzuki baleno hatchback.
tampilan panel indikator new baleno sebenarnya hampir sama dengan kendaraan suzuki lainnya untuk generasi ertiga ke atas ya..., namun untuk new baleno tampilannya sudah 3D jadi lebih keren gitu.
terus apa aja sih yang bisa di tampilkan di panel tersebut..?
Cekidot jhon.

yang pertama tombol paling kiri (lingkaran kuning) fungsinya untuk pengaturan trip meter A dan B, fungsinya untuk mengetahui jarak tempuh dari tempat A ke tempat B, atau bisa juga untuk mengetahui berapa jarak tempuh yang kita inginkan selama perjalanan.

lalu yang di kanan (lingkaran merah) pada gambar adalah tombol untuk pemilihan informasi dan masuk pada mode pengaturan.

dengan memutar  tombol sebelah kanan maka akan terdapat informasi-informasi sebagai berikut.
door indicator fungsinya untuk mengetahui pintu mana yang dalam kondisi terbuka, atau posisinya kurang rapat, tampilannya sangat bagus 3D dan informasi yang di tampilkan bersifat real time, bila pintu depan kanan terbuka maka indikator display akan menampilkan hal yang sama.


clock mode adalah tampilan jam digital dan analog, selain itu terdapat pula tampilan tanggal trip meter, odo meter dan suhu temperatur udara luar di pojok atas sebelah kanan.


AVG fuel consumption dan Driving range, fungsinya untuk mengetahui rata-rata pemakaian bahan bakar dalam satuan km/liter, lalu ada juga Range, fungsinya untuk mengetahui sejauh mana kendaraan dapat berjalan dengan sisa bahan bakar yang ada di tanki bahan bakar dan di tunjukkan dengan satuan kilometer.


Driving time mode, fungsinya untuk mengetahui berapa lama kendaraan beroperasi atau berapa lama mesin berputar, yang di tunjukkan dalam satuan jam:menit:detik. waktu tersebut dapat di reset ke Nol kembali dengan cara masuk ke menu setting.


comsumption real dan average, gambar di atas menunjukkan kondisi rata-rata pemakaian bahan bakar berbanding jarak tempuh dengan satuan km/L yang di tunjukkan dengan panah.
selain dari pada itu indikator display menunjukkan rata-rata pemakaian bahan bakar berbanding jarak tempuh per 5 menit dengan mengkalkulasi pemakaian sebelumnya, yang di tunjukkan pada grafik batang horizontal dengan satuan menit.


Torque dan power indikator, nah ini jhon...yang menurut ane sangat unik, jadi pada new baleno kita bisa lihat seberapa besar torsi dan power kendaraan yang di keluarkan saat kita injak pedal gas, untuk torsi langsung akan merespon walau kendaraan sedang kondisi diam, sedangkan power akan merespon saat kendaraan kondisi melaju. namun sayangnya suzuki tidak melengkapi dengan angka dan satuan untuk power dan torque sehingga pesan yang di sampaikan kepada pengemudi serasa kurang pas.


Nah....ini yang terakhir jhon..namnya setting mode. cara masuk ke menu tersebut pertama-tama posisikan indikator display pada posisi jam, setelah itu tekan knob sebelah kanan (warna merah) selama kurang lebih 3 detik, bila berhasil maka akan muncul tampilan setting mode seperti gsmbar di atas. pada tampilan setting mode banyak terdapat menu-menu yang dapat di pilih dengan cara memutar knob ke kanan dan ke kiri. pada tampilan tersebut banyak menu yang dapat di rubah, termasuk bahasa, satuan, warna background dan lain-lain.

gimana jhon wes mudheng durung...? yang perlu di ingat adalah, bahwa AVG dan semua tampilan di atas (kecuali jam) bukanlah ALAT UKUR yang dapat dengan akurat untuk di jadikan patokan irit dan borosnya suatu kendaraan.jadi pada indikator tersebut terdapat toleransi yang besarnya kisaran 30%
lek wes mudheng silahkan di praktekkan jhon..syarate sampean kudu beli mobilnya dulu. :-)








No comments:

Post a Comment

budayakan berkomentar yang baik, jangan spam....!!!!!
komentar spam akan langsung di hapus.