Saturday 19 January 2013

istilah penting dalam over haul engine

sebenarnya ini adalah posting ke 2 di awal tahun 2013, terus pertanyaanya mengapa posting pertamanya belum muncul...? karena posting pertama di awal tahun ini masih belum lengkap dan sedang menunggu data-data yang harus  di tinjau ulang, supaya tidak ada kesalahan . sekedar bocoran aja posting edisi pertama awal tahun ini berjudul "Cara membaca DTC (diagnosis trouble code) secara manual" pastikan stay tune terus di sini ya...!!!!
untuk edisi kali ini admin akan membahas istilah-istilah penting saat melakukan over haul engine, mungkin kata-kata di bawah ini tidak asing lagi bagi para teknisi otomotif, tapi kenyataannya di lapangan banyak sekali yang tidak memahami dari kata-kata yang sering di ucapkan saat melakukan over haul engine, maka dari itu mari kita simak yang berikut ini.....

istilah penting dalam over haul engine



ukuran standard
adalah ukuran komponen sebenarnya yang di tetapkan dari perencanaan (pabrik pembuat) sebelum benda itu di gunakan.

batas service
adalah batas ukuran yang di perbolehkan, artinya jika ukuran suatu komponen engine tersebut telah berada di luar ukuran batas service maka komponen tersebut harus di ganti atau di perbaiki



oil clereance
adalah celah oli yang di gunakan untuk menjaga supaya jika dua komponen tidak langsung saling bergesekan



service special tools (SST)
adalah alat khusus yang di gunakan untuk membuka, memasang dan menyetel suatu komponen sehingga di peroleh hasil yang terbaik.


over size
adalah ukuran melebihi ukuran standard, maksudnya memperbesar ukuran diameter silinder yang selanjutnya menggunakan piston over size.


piston over size
adalah piston yang ukurannya telah di perbesar dari ukuran piston standard. ukuran piston over size ini di gunakan sebagai ukuran dasar untuk melakukan pekerjaan over size cylinder block.


under size
adalah lawan dari oversize, yaitu memperkecil ukuran, maksudnya memperkecil ukuran crank journal yang selanjutnya di lakukan penggantian journal bearing dengan ukuran under size.


bearing under size
adalah bearing yang ukuran ketebalanya lebih tebal dari bearing standard, bearing ini di gunakan pada crank journal yang telah di under size.


TOP
adalah istilah dimana tanda pada pulley camshaft dan crankshaft telah sejajar pada garis tanda berupa warna,nock,panah dll. sehingga membentuk keselarasan kinerja mesin yang benar.
istilah ini bisa juga di gunakan saat melakukan penyetelan celah katup dan saat penggantian timing belt dan timing chain.


water hammer
adalah saat ruang bakar kemasukan air saat kendaraan melewati banjir saat musim hujan seperti yang sedang ramai saat ini, pada posisi ini piston akan macet karena conecting rod bengkok akibat mengkompresi air yang berlebih.


over heat
adalah saat mesin mengalami panas yang berlebih, sehingga cilinder head akan menjadi tidak rata lagi.
bila sudah parah maka air akan bercampur dengan oli mesin.

bagaimana menarik bukan...? baca juga artikel lain tentang Fungsi Patern atau kembang ban  

1 comment:

budayakan berkomentar yang baik, jangan spam....!!!!!
komentar spam akan langsung di hapus.