Monday 29 October 2012

fungsi thermostat

Dari sekian ribu komponen mesin yang bergerak ternyata terdapat salah satu komponen yang tidak dapat di lihat langsung oleh mata karena untuk melihatnya harus membongkar komponen yang lain, tetapi komponen ini memiliki fungsi yang sangat penting, terutama untuk membantu fungsi pendinginan mesin, komponen tersebut ialah THERMOSTAT.
mungkin di antara kita sudah ada yang pernah mendengar tetapi belum mengerti fungsi sebenarnya dari Thermostat tersebut.
Thermostat berfungsi untuk mengatur atau mempercepat temperatur kerja mesin dengan cara membuka dan menutup valve secara otomatis. membuka dan menutupnya valve ini di kontrol secara otomatis oleh temperatur air pendingin yang langsung mengenai thermostat.


karena...ketika mesin mobil baru di hidupkan suhu air radiator bekisar antara 20-30*C, oleh karena itu air yang berada di water jacket akan bersirkulasi melalui selang By Pass tanpa melewati radiator karena terhalang oleh thermostat.
pada saat suhu air radiator mencapai 82*C thermostat akan mulai membuka dan akan membuka penuh pada suhu 95*C, pada kondisi seperti ini maka air radiator dari water jacket akan  bersirkulasi masuk ke dalam radiator dengan bantuan water pump untuk melakukan proses pelepasan panas dengan bantuan Fan Radiator.
Umumnya jenis Thermostat yang sering di gunakan ialah type WAX dan Bellows.

Ket. 1) Thermostat
        2) Thermometer Suhu
        3) Kompor / pemanas
rusaknya thermostat dapat di ketahui dengan cara pengetesan seperti berikut..
ikat thermostat dengan benang atau kawat, lalu rebus dalam panci berisi air, masukkan termometer suhu lalu lihat pada suhu 82-95*C valve thermostat harus membuka, bila tidak berarti rusak.

Baca juga artikel lain tentang menyulap kopling berat menjadi ringan

No comments:

Post a Comment

budayakan berkomentar yang baik, jangan spam....!!!!!
komentar spam akan langsung di hapus.