Thursday 3 August 2017

Mengintip Dapur pacu Suzuki Ertiga Diesel

mengintip jantung pacu suzuki ertiga diesel hybrid


kaget saat pertama kali mendengar suzuki mulai bermain di kelas diesel jhon..., karena selama ini suzuki hanya terkenal dengan mesin bensinnya.
di pasar indonesia suzuki harus siap bertarung dengan pemain lama seperti isuzu, toyota,mitshubishi dll yang sudah tidak di ragukan lagi untuk mesin-mesin dieselnya.

keputusan PT. SIS selaku distributor utama suzuki memang sangat tepat mengingat pabrikan ford dan chevrolet sudah angkat kaki dari indonesia.

ternyata setelah admin lihat suzuki ertiga diesel gak bisa di anggap remeh jhon..membawa mesin mild hybrid yang berbeda dengan kompetitornya yang di anggap iritnya melebihi ertiga mesin bensin, infonya bisa nembus 22,6 km/L . ngalah2i sepeda motor 2 tak koyonE
kalau sampean belum tau apa itu mild hybrid langsung kuliah aja ke universitas google. jadi intine mild hybrid itu tipe mesin hybrid yang paling rendah, tapi gak bisa di remehin juga karena punya banyak kelebihan jhon, seperti murah biaya perawatan karena gak pakai battery lithium, biaya pajak kendaraan yang rendah sesuai regulasi pemerintah indonesia, mesin lebih simpel dan masih banyak lagi.



kalau sampean penasaran sama dalemane, monggo di geser sampe ke bawah

ini penampakan mesinnya dari depan typenya D13 DDIS, DOHC di gerakkan dengan timing chain

bagian samping terlihat ada turbo charge tipe VGT variable turbo geometry, ada oil coolernya juga

itu jhon yang di sebut hybrid karena pakai alternator tipe ISG Integrated Stater Generator, jebule rahasiane ada di komponen itu to...yang buat mesin ertiga diesel irit banget karena ISG bisa membantu muterrin mesin, jadi kinerja mesin gak terlalu berat karena di bantu ISG tersebut. piye jhon paham yo..?

kalau yang ini pompa high pressure jhon, fungsine untuk memberikan tekananan bahan bakar solar ke common rail. kalau masuk angin jangan di perlakukan layaknya diesel confensional jhon, karena tekanan solare gede banget.

sebelahnya lagi terlihat penampakan intake yang terbuat dari resin jadi lebih ringan, ada sensor MAP dan EGR yang nempel di situ juga, terus lagi kalau di lihat bahan blok mesinnya warnanya agak kehijau-hijauan sepertinya treatment buat blok silindernya biar kuat jhon.

Kesimpulannya Suzuki Ertiga diesel gak bisa di anggap enteng jhon, walaupun di indonesia masih baru namun kendaraan dari india ini sudah punya nama di negeri bolowood sana dengan kualitas yang sama dengan mesin mobil eropa, karena infonya ECUnya buatan Magneti Marelli.
kapan-kapan kalau dapet fotonya tak share lagi jhon.
sekarang kalau sampean penasaran monggo tes drive aja ke bengkel resmine suzuki sekalian bawa DP buat uang muka haahaaahaaa....




No comments:

Post a Comment

budayakan berkomentar yang baik, jangan spam....!!!!!
komentar spam akan langsung di hapus.