Sunday 13 July 2014

Impian Teknologiku di Wujudkan oleh AMD

Sejarah Perkembangan APU

manusia memang di tuntut untuk selalu berkembang, dan perkembangan itu di tunjukkan dengan banyaknya teknologi baru yang di ciptakan manusia untuk memudahkan keperluan mereka, contohnya saja teknologi informasi dan komunikasi.
di era digital seperti sekarang ini hampir seluruh aspek kehidupan manusia berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi. karena perkembangan teknologi yang sangat cepat sehingga manusia di tuntut untuk selalu mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.
perusahaan yang selalu berkembang dalam hal teknologi dan informasi salah satunya adalah AMD (advanced micro devices). perusahaan semikonduktor yang bermarkas di california ini belakangan tengah memfokuskan perkembangan teknologi  APU. untuk lebih mengetahui apa itu APU, mari kita simak yang di bawah ini.

Sejarah perkembangan  APU (accelerated processing unit)
APU adalah chip yang mengkombinasikan satu atau lebih central processing unit atau CPU dan satu graphic processing unit atau GPU yang merupakan chip tersendiri dari ratusan core komputasi kecil.
generasi pertama APU di perkenalkan pada tahun 2011, untuk dekstop di beri nama Llano (di baca ellano) dengan kode socket FM1 sedangkan untuk untuk yang low power di beri nama Brazos dan keduanya sama-sama di integrasikan video grafik radeon HD 6000 series. di tahun berikutnya 2012 di perkenalkan Trinity dan Richland yang di gabungkan dengan radeon HD 7000 dan 8000 series dengan kode socket FM2. kemudian di tahun 2013 lahir teknologi baru Kabini dan Temash yang terintegrasi grafis radeon HD 8000 series di dalamnya dan memiliki fitur unggulan yaitu ultra hemat daya, di tahun 2014 AMD kembali meluncurkan generasi APU yang di beri nama Beema dan Mullins untuk segmen low power, sedangkan versi dekstop di beri nama Kaveri dengan socket terbaru FM2+ yang terintegrasi di dalamnya graphic AMD radeon R4/5/6/7 yang untuk saat ini merupakan versi APU yang sangat canggih dan paling kencang. mari kita simak spesifikasi dan apa saja keunggulan processor jenis APU milik AMD.

Llano 2011
Di perkenalkan pada tahun 2011 silam AMD Llano merupakan generasi pertama sekaligus pelopor dari teknologi APU. untuk vesi dekstop ada 3 macam tipe yaitu A4 3300 dual core 2,5Ghz, A6 3500 3 core 2,1 Ghz dan 3670K 4 core 2,7 Ghz  dan A8 3870K 4 core 3,0 Ghz dan E2 untuk notebook. amd Llano di integrasikan dengan GPU radeon HD 6000 series, support dengan Dirextx 11, OpenGL 4.2 dan OpenCL 1.2.
processor tipe ini cocok di gunakan untuk keperluan komputing sehari-hari maupun buat gaming 3D tanpa harus menambahkan VGA Card dan tentunya dengan harga yang ramah di kantong.



Trinitry dan Richland 2012
Trinitry
walaupun di luncurkan pada tahun yang sama AMD Trinitry lebih dulu di luncurkan. melanjutkan keunggulan kinerja yang tinggi dengan konsumsi daya yang rendah dari generasi APU sebelumnya.
AMD trinitry masih sama seperti pendahulunya, menggabungkan CPU multi core dan discrete GPU untuk menyediakan daya komputasi yang sangat baik dan kinerja grafis premium dalam satu chip.
processor ini juga mengusung teknologi ekslusif dari AMD, seperti AMD Accelerated Video Converter, AMD Eyefinity Technology, dan AMD HD media Accelerated yang memungkinkan kinerja yang tinggi dan juga AMD Turbo Core Technology yang secara cerdas menyesuaikan frekuensi kerja ke dua CPU dan GPU.
AMD Trinitry di dukung dengan socket FM2 dan Radeon HD 7000 series.
berikut daftar keluarga amd Trinitry.


Richland
tidak berbeda jauh dengan Trinitry dan masih menggunakan arsitektur yang sama yaitu Piledriver.
jumlah core Radeon dari GPU AMD Richland pun tetap sama dengan generasi sebelumnya yang sekelas. perbedaannya hanya terletak pada frekuensi kerja atau clock, AMD Richland memiliki clock yang lebih tinggi, baik pada CPU maupun GPU nya.
khusus untuk GPU,  AMD mengupgrade namanya dari Radeon HD seri 7000 pada Trinitry, menjadi Radeon HD seri 8000 pada Richland.
selain frekuensi kerja default dan frekuensi kerja turbo core yang lebih tinggi, AMD juga melakukan pengoptimalan pada turbo core Richland yang di rancang untuk bisa mencapai frekuensi kerja maksimal di banding Trinitry.
kombinasi frekuensi kerja atau clock yang lebih tinggi inilah yang di harapkan AMD untuk bisa membuat Richland memberikan kinerja lebih baik.
TDP thermal design power Richlan tidak mengalami peningkatan masih sama seperti pendahulunya 65 watt dan 100 watt.
namun ada yang menarik khusus untuk A10-6800K varian tertinggi dari keluarga Richland, AMD menambahkan dukungan resmi terhadap DDR 3 -2133, yang sebelumnya Trinitry hanya mendukung DDR 3-1866.
untuk dukungan motherboard, AMD Richland bisa di pasangkan pada motherboard Trinitry, karena tetap memakai socket FM2 dan chipset yang sama.
berikut keluarga AMD Richland.


Kabini dan Temash 2013
Kabini dan Temash di luncurkan AMD untuk meramaikan pasar low end.
Processor yang di arsitekturi oleh jaguar ini di tujukan untuk netbook dan notebook ultra tipis dan perangkat mobil lainnya, karena TDP thermal design power yang ultra rendah mulai 9 watt sampai 25 watt.
untuk versi dekstop tersedia versi mini ITX, namun tetap bisa di andalkan untuk keperluan 3D dan komputasi sehari-hari, tentunya dengan budged yang terjangkau sudah bisa membangun personal computer tipe ini.
Processor APU dengan arsitektur Jaguar ini juga di aplikasikan pada console game Playstation 4 dan X box one, namun keduanya memiliki 8 core , hebat bukan....!!!!
untuk dukungan motherboard AMD Kabini dapat di aplikasikan dengan motherboard socket AM1. pada AMD Kabini dan Temash juga terdapat GPU yang terintegrasi yaitu AMD Radeon HD 8000 series.


Beema & Mullins 2014
APU jenis ini adalah penerus dari Kabini dan Temash. yang di dukung berbagai faktor dan bentuk yang kecil untuk platform mobile dan notebook. APU dengan arsitektur Puma ini tetap memfokuskan efisiensi konsumsi hemat daya.
AMD mengumumkan empat APU Beema dengan TDP mulai dari 10 watt hingga 15 watt. A6-3610, A4-6210 dan E2-6110 dengan dukungan Quad core L2 cache 2MB dan E1-6010 dual core dengan L2 cache sebesar 1MB.
sedangkan untuk Mullins ada tiga produk yang di umumkan AMD, A10 micro-6700T quad core 2,2 Ghz 2MB L2 dengan TDP hanya 4,5 watt.
A4 micro-6400T quad core 1,6 Ghz dan E1micro-6200T dengan TDP terendah 3,9 watt.
tidak lupa pada ke dua jenis APU tersebut di tanamkan Radeon R2, R3, R4, dan R6.



Kaveri 2014
processor generasi terbaru yang datang dari keluarga APU di awal tahun 2014 ini mengusung design Heterogeneous System Architecture atau HSA. yang secara teoritis memungkinkan GPU yang terintegrasi pada processor tersebut lebih mudah di akses dan di manfaatkan oleh pengembang aplikasi (developer) di banding generasi sebelumya.
pada AMD kaveri baik CPU maupun GPU bisa di manfaatkan dengan efisien, sesuai kelebihan masing-masing.
CPU akan menangani tugas-tugas pemrosesan serial, sementara GPU mengambil alih pemrosesan pararel seperti rendering efek visual pada aplikasi video editing.
AMD Kaveri A10-7850K mampu menjalankan game Battlefield 4 tanpa VGA Card tambahan pada seting medium dengan resolusi 1920 x 1080 tanpa anti aliasing. dengan mengaktifkan fitur HSA dan API mantle. dengan konfigurasi seting seperti itu, kisaran rate bisa berada di angka 30 FPS.
itu membuktikan AMD Kaveri dapat di andalkan untuk para Gamers yang ingin membangun PC berbasis Game.
Processor Kaveri ini di tanamkan radeon R4/5/6/7 series dengan dukungan socket FM2+ untuk motherboardnya.
pengujian AMD Kaveri oleh AMD performance labs, menggunakan aplikasi benchmark 3D11 mampu mengalahkan intel i5-4670K.




Kesimpulan
setelah kita mengetahui satu persatu teknologi processor APU dan sudah mengetahui kelebihan masing-masing dengan fitur andalan yang di unggulkan, maka dapat kita ambil kesimpulan apa saja kelebihan dan kekurangan APU. selain media informasi dari perkembangan teknologi, artikel ini juga dapat menjadi acuan sebelum kita memutuskan untuk membeli notebook atau membangun sebuah sistem PC yang sesuai dengan kebutuhan dan budged kita.
karena saya juga memakai salah satu dari jenis APU milik AMD dan terbukti mampu memuaskan hasrat saya di depan monitor untuk keperluan multimedia dan sanggup melibas semua game-game 3D keluaran terbaru seperti Battlefield 3, Call of duty Gosh, Call of duty Black ops II, Call of duty MW II, PES 2013/2014, Fifa 13, Dirt 3, WRC 3/4, Sniper gosh warrior 2 dll dengan setingan medium hingga high.
untuk itu ijinkan saya Show Off RIG kesayangan saya.

Nama PC: Blue Fire
Processor: AMD Llano A4 3300 2,5 Ghz
Motherboard: ECS A55f-M4
VGA Card: Digital Alliance Radeon HD 6670 2GB DDR3
RAM: 4 GB Venom RX
PSU: Corsair VS 450
Hardisk: Seagate 500 GB & WD 500 GB
CPU Cooler: Deep Cool Ice edge tower
DVD RW: LG modisc
Wifi adapter: TP Link TL-WN751N
Casing: Dazumba 783
Monitor: Toshiba LED 23 inch
Mouse & keyboaard: E Blue





Kelebihan APU:
1. hemat daya (watt kecil)
2. harga sangat terjangkau untuk versi low end
3. sudah ada VGA dedicated mulai seri 6000, 7000, 8000 dan R series yang tangguh
4. banyak varian mulai Llano hingga Kaveri
5. temperatur kerja processor stabil dan tidak cepat panas karena TDP kecil
6. performa yang tangguh untuk gaming, editing, rendering dan komputing sehari-hari
7. mudah di over clock dan performa bisa meningkat hingga 30%
8. tergolong teknologi terbaru dan masih terus di kembangkan oleh AMD

kekurangan APU:
1. bila di lakukan crossfireX dengan VGA card Pci Express banyak memakan sistem RAM.

menarik sekali bukan teknologi APU yang di kembangkan oleh AMD, dan kita tunggu kelahiran APU Carrizo di tahun 2015 mendatang.

referensi: http://en.wikipedia.org/wiki/AMD_Accelerated_Processing_Unit dan dari berbagai sumber lainnya.

2 comments:

budayakan berkomentar yang baik, jangan spam....!!!!!
komentar spam akan langsung di hapus.